Sunday, December 28, 2008

Selangkah Lagi Vietnam Juara Sepakbola Asean

Dengan semangat pantang menyerah, Vietnam mempermalukan tuan rumah Thailand 2-1 pada leg pertama final Piala AFF Suzuki 2008 di Stadion Rajamangala, Bangkok, Rabu (24 Desember).

Dengan hasil itu, Vietnam kini tinggal membutuhkan minimal hasil imbang pada pertemuan kedua di Hanoi, 28 Desember (malam nanti), untuk menjadi juara turnamen paling bergengsi di kawasan ASEAN ini. Pada final pertama mereka dalam satu decade terakhir, Vietnam bermain sabar membendung serangan dari para striker tuan rumah, sebelum melakukan serangan balik yang mematikan pada menit ke-40.

Memanfaatkan lengahnya pertahanan Thailand, Le Tan Tai melepas umpan silang sempurna ke kotak penalty. Nguyen Vu Phong yang tak terjaga dengan leluasa menyundul bola ke gawang Thailand. Gol pertama itu membuat tuan rumah tersentak.

Belum habis keterkejutan para pemain Thailand, lagi-lagi Vietnam memaksa tuan rumah membayar mahal kelengahan lini belakanganya dengan mencetak gol kedua, dua menit kemudian. Gol ini dilesakkan striker Le Cong Vinh memanfaatkan umpan Nguyen Viet Thang.

Thailand yang terus menyerang membalas satu gol lewat gol bunuh diri penjaga gawang Duong Hong Son pada menit ke-75. Gol ini tercipta setelah bola sundulan pemain pengganti, Ronnachai Rangsiyo, membentur tiang gawang dan kemudian mengenai kaki kipper sehingga bola memantul ke dalam gawang.



AddThis Feed Button

No comments: