Sunday, November 2, 2008

Timnas Sepakbola, Perlu Pembenahan Mentalitas Pemain

Apa boleh buat, pelatih tim nasional sepakbola Indonesia, Benny Dollo, tak punya banyak waktu buat mempersiapkan timnas menyongsong ajang Grand Royal Challenge. Kurang dari sepekan Benny sudah harus memboyong 18 pemain pilihan ke Myanmar.

Para pemain diminta pada 3 Nopember sudah datang ke Jakarta. Namun, itu pun tak semua bisa berkumpul karena pemain Sriwijaya FC dan Arema akan melakukan duel eksibisi pembukaan Copa Dji Sam Soe, 5 Nopember. Barulah sehari sesudah pertandingan itu, dimungkinkan skuad timnas bisa lengkap.

Persoalannya pada 9 Nopember punggawa Merah-Putih harus meninggalkan Jakarta. Pasalnya pada 13 Nopember mereka akan menjajal Bangladesh di partai pembuka.

Menyadari waktu persiapan sangat singkat, Benny tak akan menggenjot latihan fisik berat. Fokus utama adalah taktik permainan dan pembentukan mental tanding. Menurut Benny, mental pemain perlu mendapat perhatian. Apalagi krisis keuangan yang melanda mayoritas klub Indonesia membuat mental bertanding pemain anjlok.

Jelas, hal itu menjadikan semangat melorot karena urusan pembayaran gaji di klub belum beres. Dan jangn sampai kondisi yang tidak sehat tersebut terus menjalar di timnas!



AddThis Feed Button

No comments: